Bertahan menghadapi rayuan..

Diposting oleh Erwyn Ardyan | Jumat, Mei 22, 2009 | | 0 komentar »

Bisnis pulsa adalah bisnis yang sama sekali tidak memiliki entry barrier. Terbuka bagi siapa saja yang memiliki modal dan berminat merebut keuntungan dari pangsa pasar pulsa yang sangat besar. Saya mencatat, sejak awal tahun 2009, setiap bulan selalu muncul brand dealer jaringan yang baru. Bahkan, saya juga menerima proposal sebuah brand dealer jaringan pulsa yang belum diluncurkan dengan tawaran untuk menempati posisi puncak di dealer jaringan tersebut.
Pengelola dealer jaringan baru tidak saja berharap dapat merebut pangsa yang belum terjamah oleh pemain lama, namun dengan segala cara berusaha memboyong pemain lama untuk pindah ke dalam jaringannya. Keinginan ini sangat wajar, karena pengelola dealer jaringan yang baru ingin jaringannya berkembang lebih cepat. Bila perlu, dealer baru membajak data member di jaringan dealer lama.
Tulisan ini semoga bisa menjadi pengingat bagi seluruh member bonuspulsa.com apabila menerima rayuan untuk bergabung ke dealer jaringan yang baru muncul. Meskipun bergabung ke dealer lain adalah hak setiap orang, namun melalui tulisan ini saya berharap member bonuspulsa.com tidak mudah goyah dan terus mengembangkan jaringan yang sudah ada. Kiat bertahan menghadapi rayuan tersebut adalah :


1) Jangan Terpukau dengan Hitungan Matematis
Marketing Plan sebuah bisnis jaringan, termasuk bonuspulsa.com, selalu menampilkan POTENSI penghasilan relatif besar. POTENSI penghasilan yang disebutkan akan tercapai dengan ASUMSI tertentu. Asumsi itu adalah jumlah terpenuhinya member dalam suatu matriks tertentu dikalikan dengan tarif yang telah ditetapkan. Semakin besar ukuran matriks atau semakin tinggi tarif bonus, akan menghasilkan potensi penghasilan yang besar. Berapapun nilainya, itu adalah POTENSI.
Kapan POTENSI itu akan menjadi kenyataan ? Potensi terwujud apabila Member berhasil mengisi seluruh posisi pada matriks yang disediakan DAN aktifitas member dalam jaringan tersebut. Untuk membuat sebuah jaringan yang sempurna, perlu ketekunan dan waktu yang panjang. Bila Anda tidak berhasil mengisi matriks yang disediakan, maka seluruh POTENSI yang ditawarkan hanya menjadi hitungan matematis belaka.


2) Sayangilah Jaringan Anda
Misalkan sekarang Anda sedang membentuk jaringan di bonuspulsa.com, jaringan Anda masih jauh dari sempurna, lalu Anda tinggalkan ke dealer jaringan lain, maka ditempat baru Anda harus memulai dari awal lagi. Di tengah perjalanan nanti, ada dealer jaringan baru yang muncul, lalu Anda tertarik pindah dan bergabung. Itu artinya Anda memulai membentuk jaringan baru dari awal. Kalau ini Anda lakukan, maka sepanjang kiprah Anda di bisnis pulsa hanya menjadi "kutu loncat" dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Ketika Anda memutuskan berpindah jaringan, sebenarnya Anda telah mengkhianati para member yang selama ini memberikan penghasilan bonus kepada Anda. Mungkin Anda tidak berpindah, namun akan bermain di lebih dari satu tempat, seperti halnya saya. Saya juga memiliki jaringan di beberapa tempat, yang berhasil hanya satu, di bonuspulsa.com. Oleh karena itu menurut saya "memiliki satu jaringan yang sempurna di satu tempat lebih menghasilkan keuntungan daripada memiliki banyak jaringan namun tidak sempurna".

3) Jangan Tergiur Selisih Harga
Harga, dalam bisnis pulsa, bersifat dinamis dan bisa berubah satu persatu. Dealer jaringan yang baru muncul selalu hadir dengan tawaran harga yang lebih murah, namun tidak dalam selisih harga yang signifikan. Apabila Anda berpindah jaringan hanya karena selisih harga, bisa jadi harga murah Anda dapatkan, namun perlu disadari bahwa Anda membayar mahal dengan kehilangan kesempatan memiliki jaringan yang sempurna. Keuntungan yang kita peroleh dari selisih harga itu tidak ada artinya dibandingkan dengan kerugian yang ditimbulkan akibat rusaknya jaringan yang sedang kita bangun.

4) Cermati Pengelola Keuangan Jaringan
Sebagian besar rekening penampung deposit yang digunakan oleh dealer jaringan adalah rekening perorangan. Dari seluruh pemegang rekening penampung deposit, hanya di bonuspulsa.com yang muncul dan terlibat dalam operasional sehari-hari. Pada dealer lainnya, pemilik rekening biasanya tidak muncul, setidaknya tidak ditampilkan id YM nya, sehingga tidak ada peluang bagi Member untuk berkomunikasi dengan pemegang rekening penampung deposit. Misalnya sehari-hari Anda berkomunikasi dengan A sebagai pengelola dealer jaringan, dan rekening penampung deposit atas nama B, banyak kemungkinan yang bisa terjadi, diantaranya :
- A mengatakan boleh dilakukan pencairan bonus ke rekening, namun B tidak setuju sehingga pencairan bonus ke rekening tidak bisa dilakukan;
- Dealer mengalami kesulitan keuangan, A akan mengatakan uangnya di B dan B akan mengatakan kesalahan terjadi karena A, akhirnya member yang dirugikan.
Di bonuspulsa.com kemungkinan-kemungkinan seperti itu tidak terjadi karena pemilik rekening penampung deposit, Katty Natan Danni dan Corry Alie, terlibat langsung dalam operasional dealer dan membuka diri untuk berkomunikasi dengan seluruh Member.

5) Identitas bisa diuji dengan data eksternal
Beragam profesi saat ini menjadi Member bonuspulsa.com, salah satunya adalah Pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Ini kisah nyata berdasarkan komunikasi saya hari Senin, 13 April 2009 dengan salah seorang Member yang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak. Beliau mencocokkan data NPWP yang ditampilkan oleh bonuspulsa.com dengan database PT Baraka Multi Utama di Direktorat Jenderal Pajak. Hasilnya sesuai, hanya terdapat perbedaan kode KPP karena pemekaran organisasi saja. Lalu beliau menanyakan kepada saya nama M Ari Kurnia yang di database tercatat sebagai penanggungjawab PT Baraka Multi Utama. Saya menjelaskan bahwa M Ari Kurnia adalah salah satu Manajemen dengan id YM nude_boy. Semakin mantaplah beliau bergabung dan mengembangkan jaringan karena identitas pengelola bonuspulsa.com yang sangat jelas dan bisa diuji dengan data eksternal. Pada dealer lain, hal ini belum tentu bisa dilakukan karena tidak ada delaer jaringan yang mempublikasikan NPWP nya (mungkin karena tidak memiliki NPWP).

Semoga dengan 5 informasi tersebut, para Member bisa bertahan dalam menghadapi rayuan dealer-dealer baru dan bahkan lebih meyakinkan pada Member untuk mengembangkan jaringan.

Sumber : forum bonuspulsa.com

0 komentar